review novel: Soap Bubbles

covernya

in life, the person who brings out the best quality in you and makes you strong is actually the one who becomes your greates weakness

satu lagi novel manis yang gw selesein x) novel hasil barteran dari @bellayoviedha. itung-itung buat refreshing otak yang hampir jebol gara-gara mikir try out yang barusan kelar.

prolognya dimulai waktu Lana, heroine di novel ini, putus sama pacarnya Tody, seorang wartawan yang umurnya beberapa tahun lebih tua dari Lana. mereka putus, gara gara si Tody jatuh cinta sama cewe lain (ngakunya gitu, tapi ternyata ibunya yang pengen dia cepet2 nikah ). here we go, Lana diceritakan sangat perfect disini. cantik, cerdas, elegan, lembut, punya keluarga yang harmonis, kakak2 ganteng bin pinter yang sayang sama dia, pokoknya perfect. tapi gara2 diputus Tody, weakside dia keluar. saat itu muncul Affan, seorang backpacker sekaligus penulis yang juga punya ‘selisih umur’ sama Lana  jadi highlight-nya ini bukan soal hubungan remaja yang seumuran, hoho. disini Affan dideskripsikan amat cool, cakep, dingin, dengan tatapan mata sendu yang bisa bikin cewe klepek2. btw, aku gak tahu sendu itu yang gimana wkwk. yang udah bisa ditebak gimana, miss perfect ketemu prince charming… (endingnya, baca sendiri novelnya). maka anda juga akan tahu kenapa kok judulnya ‘Soap Bubles’.

gw komentar-komentar dikit yo…

novel ini pacenya lambaaaaaaaat banget. entah kenapa, gara-gara diksinya yang lumayan enak jadi gak gw lompat-lompatin bacanya. hehe. satu lagi, disini bukan cuman cinta-cintaan kok yang dibahas. campur aduk lah sama persahabatan, family, ada one side love nya juga. juga bahas tentang novel-novel, film-film, dan musik jazz lho. standard novel teenlit-lah.

nilai 7/10 deh. jujur, bagian-bagian chatting yang menurut gw terlalu banyak itu justru mengganggu. akan lebih baik kalau diganti dengan narasi aja. karena sejauh ini narasi di novel ini, enak dibaca. tapi cerita sih datar aja. IMHO.

 

 

btw, bubles soap itu 'sebulan' itu kan? gw juga demen mainin nya xD

 

 

gerak semu harian dan tahunan matahari

gara-gara bahan buat unas ada yang nyerempet masalah gerak semu, jadi bikin post ini. semoga membantu! x)

1. gerak semu harian matahari

penyebab: rotasi bumi (gerak putar bumi pada sumbu putarnya). kala rotasi bumi adalah 23 jam 56 menit 4.1 detik

gerak semu harian matahari mengakibatkan perubahan posisi matahari setiap harinya. matahari terlihat terbit di timur dan tenggelam di barat. padahal gerak semu ini teramati karena bumi kita yang ber-rotasi dengan arah sebaliknya, dari barat ke timur. sehingga akan muncul tampak kesan semu bahwa dari sudut pandang kita (sebagai pengamat) di bumi, matahari-lah yang bergerak mengelilingi.

2. gerak semu tahunan matahari

penyebab: revolusi bumi

bumi membutuhkan waktu selama 1 tahun untuk bergerak mengelilingi matahari (revolusi). bumi, selain bergerak mengelilingi matahari, juga bergerak berputar terhadap sumbunya (rotasi). tetapi sumbu rotasi bumi ini tidak sejajar terhadap sumbu revolusi, melainkan sedikit miring sebesar 23,5 derajat. akibat dari miringnya sumbu rotasi bumi itu, matahari tidak selalu terlihat di atas khatulistiwa mumi, matahari akan terlihat berada di bagian utara dan selatan bumi. selama setengah tahun, matahari lebih banyak menerangi bumi bagian utara, dan setengah tahun berikutnya matahari lebih banyak menerangi bumi bagian selatan.
dalam gerak semunya, matahari akan tampak bergerak dari khatulistiwa (equator) antara 23,5 derajat lintang utara dan lintang selatan. pada tanggal 21 maret – 21 juni, matahari bergeser dari khatulistiwa menuju ke utara dan akan berbalik arah setelah mencapai 23,5 derajat lintang utara dan kembali bergerak menuju khatulistiwa. setelah itu, matahari akan tampak bergerak ke selatan dan berbalik arah setelah mencapai 23,5 derajat lintang selatan.

sekitar tanggal 21 maret saat matahari melintasi ekuator langit, momen ini juga disebut “hari pertama musim semi”. saat matahari mencapai deklinasi ini pada titik balik matahari musim panas sekitar bulan juni 21. hari ini juga disebut “pertengahan musim panas” atau “hari pertama musim panas”. matahari mencapai deklinasi dari -23,5 derajat pada titik balik matahari musim dingin, sekitar 21 desember.

curcolan update bulan februari

halooo, long time no see…

di februari ini  jadwal sama assigment makin gak manusiawi aja kayaknya (eaaa curcol dikit). februari yah… gak ada 2 minggu lagi dah memasuki maret aja… yuk deh gw rangkumin aja apa yang ada di bulan februari daripada banyak curcol gajes

#1. gimana kabar valentinenya?

sejauh ini lumayan sih. asik, pas banget tanggal 14 sekolah pulang pagi, lanjut maen deh. walo cuma dapet dari sahabat-sahabat deket yang maho semua. eaaa… jangan dilanjutin, ntar jadi curhat.

EA

 

#2 gimana kabar sekolahnya?

beralih soal keakademisan, ceritanya besok senin udah try out kedua dari dinas. kemarin baru try out sekali dari dinas, sekali dari sekolah, dan berkali-kali dari bimbel. nilai yang kemaren udah keluar. masih belum nyampe target, bos.

...

 

#3 trus ada hobi baru nih.

 

wish there were more stars in the sky where i live for perfect night stargazing

 

it was started about a week ago. coba bayangin, go out stargazing with your boyfriend on the rooftop along the nite. helped you find venus, mars, sirius and the orion constellation. geek conversion continues apace… yeah, i hate when i wake up from a really good dream 

#4 lagi tergila-gila sama Canon in D. tiap malem mau tidur selalu ngedengerin ini. coba besok punya partner hidup yang pinter maen piano xD eaaaa

#5 hiatus dari ngerjain digital artwork. sebage gantinya gw coba make traditional pastel. (iya, gara gara unintentional dodel kemaren sama temen sebangku gw. hehe lumayan banyak yang suka, jadinya gw coba menimba ilmu lebih dalam sama temen sebangku gw yang jago itu)

#6 jadi suka ngutik ngutik dan bikin partitur. ofcos adalah dari lagu-lagu anime dan lagu bahasa jepang laennya. bikinnya masih pake not angka, make it simple lah  orang maennya juga di pianika. minta piano baru mana boleh, orang kemaren baru minta gitar dan sekarang malah pengen beli harmonika

maeninnya belum mahir, kok

 

#8 download film dokumenter. biar pulsa internet gak nganggur percuma, jadi minggu-minggu sunyi buat belajar pra ujian praktek dan unas ini otomatis gak bakal ada waktu buat ngenet kaya biasanya  so akibat satnite kemaren nyasar disini. jadinya gw pake 24-hours jadwal internet gw buat norrent ini. yah kemana aja dah gw bisa gak tahu hal awesome ginian. pasti akibat kebanyakan nonton anime nih

#7  nemu beberapa blog atau blog-post yang worth buat dibaca 

http://mcduck.wordpress.com/2005/12/06/belajar-dari-nobita/

http://rosenqueencompany.wordpress.com/2007/08/20/harun-yahya-strikes-back/

http://deathlock.wordpress.com/2007/07/02/teori-darwin-dan-nabi-adam/

http://caplang.wordpress.com/2008/12/05/sajak-kecil-tentang-cinta/

http://chaosregion.wordpress.com/

http://www.banalitas.org/

http://sora9n.wordpress.com/ lalu pindah ke http://zenosphere.wordpress.com/

http://joesatch.wordpress.com/2007/03/22/itb-kampret/ lalu pindah ke http://diary.satchdesign.com/ (seng nduwe blog sesat! )

http://langitselatan.com/ dan http://www.penjelajahangkasa.blogspot.com/ (yang suka astronomi, harap merapaaat)

– – –

oke blog (gw gak tau mau nyapa siapa disini, emang apakah ada pengunjung di blog ini? lol), sampe disini dulu ngetiknya. mau merapat ke tempat tidur dulu buat belajar 

ikut aku ke pasar tradisional, yuk!

siapa yang gak pernah ke pasar tradisional?

alah, pasti mikirnya disana bakal becek2an dan bau. tapi kalo mau tahan dikit, ketimbang ke swalayan, kita 10rb bisa dapet banyak kalo belanja disana loh. apalagi kalo kita berani tawar2an dan punya tampang tanpa malu waktu banting penjualnya harga barangnya (kalo yang satu ini bukan gw dah jagonya). pasar tradisional itu beda ya sama pasar tumpah yang di jalan2. ada tempatnya sendiri yang emang udah disediain pemda. yuk kita mulai sajah foto-fotonya…

kucingnya xD ketemu pas di jalan menuju pasar

berangkat pukul 7.15 mana belum mandi, cuman sikat gigi, ambil jaket sama sepeda langsung cabut. lokasi pasar dari rumah rada jauh gara2 harus masuk dulu ke desa2, itung-itung olahraga biar gak molor mulu kerjaannya kalo pagi-pagi

...

ok lanjut. habis sampe, langsung nitipin sepeda ke parkiran (bayar 500). masuk langsung disambut penjual2 buah2an yang konon buahnya itu hasil kebun si penjual sendiri. tapi gw tadi liat malah banyak buah buah impor macam apel fuji sama jeruk santang. ckck

karena bingung mau beli apaan di pasar, tadi sampe muter bolak-balik di dalem sampe 5 kali. untungnya gak pas becek, tapi tetep aja emang sumpek keadaan disana. coba pemda mau turun tangan buat nata keadaan di pasar, biar kita pembeli bisa nyaman beli2 disana. padagang2nya juga sadar diri dong, jangan sembarangan buang sisa2 sampah dagangannya di dalem pasar. gak bau apa ntar

tapi overall, pasar yang gw kunjungin gak jorok2 amat lah (kalo pasar yang deket pelabuhan tuh, jorok banget becek2 gitu. mana pedagangnya juga banyak yang galak-galak, IMHO). akhirnya yaudah nyamperin penjual makanan kecil aja deh tadi…

dapet jajanan tradisional: cenil, gethuk, lapis

 

dikasih gula merah cair pekat

ada mainan tradisional juga. wah masih ada juga ye. kaya perahu-perahuan dari seng gitu. cara mainnya ntar di dalemnya dikasih semacem lilin. prinsipnya apa ya? dikendalikan dengan energi panas gitu? ntar pas jalan di aer, bunyinya “otok otok otok” begitu looooh. pengen beli perahu otok2, duit habis. harganya 7ribu. jaman 2002 harganya masih 3-4ribuan

nyante aja ya, pak :3

setelah puas akhirnya pulang deh… gak ngambil banyak foto sih, malu diliatin orang-orang 

sadar kamera nih bapaknya, tau di foto orang ganteng haha

 

pesta goceng (bawanya uang cuman goceng)

cukup sekian… jadi mari kita lestarikan peninggalan budaya ini. 10 years kedepan, maybe sudah ndak ada pasar tradisional ya? yang ada cuman mall hahaha