ikut aku ke pasar tradisional, yuk!

siapa yang gak pernah ke pasar tradisional?

alah, pasti mikirnya disana bakal becek2an dan bau. tapi kalo mau tahan dikit, ketimbang ke swalayan, kita 10rb bisa dapet banyak kalo belanja disana loh. apalagi kalo kita berani tawar2an dan punya tampang tanpa malu waktu banting penjualnya harga barangnya (kalo yang satu ini bukan gw dah jagonya). pasar tradisional itu beda ya sama pasar tumpah yang di jalan2. ada tempatnya sendiri yang emang udah disediain pemda. yuk kita mulai sajah foto-fotonya…

kucingnya xD ketemu pas di jalan menuju pasar

berangkat pukul 7.15 mana belum mandi, cuman sikat gigi, ambil jaket sama sepeda langsung cabut. lokasi pasar dari rumah rada jauh gara2 harus masuk dulu ke desa2, itung-itung olahraga biar gak molor mulu kerjaannya kalo pagi-pagi

...

ok lanjut. habis sampe, langsung nitipin sepeda ke parkiran (bayar 500). masuk langsung disambut penjual2 buah2an yang konon buahnya itu hasil kebun si penjual sendiri. tapi gw tadi liat malah banyak buah buah impor macam apel fuji sama jeruk santang. ckck

karena bingung mau beli apaan di pasar, tadi sampe muter bolak-balik di dalem sampe 5 kali. untungnya gak pas becek, tapi tetep aja emang sumpek keadaan disana. coba pemda mau turun tangan buat nata keadaan di pasar, biar kita pembeli bisa nyaman beli2 disana. padagang2nya juga sadar diri dong, jangan sembarangan buang sisa2 sampah dagangannya di dalem pasar. gak bau apa ntar

tapi overall, pasar yang gw kunjungin gak jorok2 amat lah (kalo pasar yang deket pelabuhan tuh, jorok banget becek2 gitu. mana pedagangnya juga banyak yang galak-galak, IMHO). akhirnya yaudah nyamperin penjual makanan kecil aja deh tadi…

dapet jajanan tradisional: cenil, gethuk, lapis

 

dikasih gula merah cair pekat

ada mainan tradisional juga. wah masih ada juga ye. kaya perahu-perahuan dari seng gitu. cara mainnya ntar di dalemnya dikasih semacem lilin. prinsipnya apa ya? dikendalikan dengan energi panas gitu? ntar pas jalan di aer, bunyinya “otok otok otok” begitu looooh. pengen beli perahu otok2, duit habis. harganya 7ribu. jaman 2002 harganya masih 3-4ribuan

nyante aja ya, pak :3

setelah puas akhirnya pulang deh… gak ngambil banyak foto sih, malu diliatin orang-orang 

sadar kamera nih bapaknya, tau di foto orang ganteng haha

 

pesta goceng (bawanya uang cuman goceng)

cukup sekian… jadi mari kita lestarikan peninggalan budaya ini. 10 years kedepan, maybe sudah ndak ada pasar tradisional ya? yang ada cuman mall hahaha 

Advertisements

One comment on “ikut aku ke pasar tradisional, yuk!

  1. Mirza Oryza says:

    aku yakin pasar tradisional ga akan mati.. daya tarik dari adu tawar harga itu ga bisa ditandingin.. XD

    dan soal kapal otok2 itu.. itu kan ada smacam “knalpot”ny tuh.. jadi klo di dalemny dinyalain api, tu knalpot jdi panas.. krna panas, udara di dlmny memuai.. hasilny, kapal tedorong krna reaksi udara yg mendorong air keluar dari knalpot.. #ngarang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s