EARTH HOUR 2012? SAYA IKUT!

switch off ur lights & other electrical appliances between 8.30-9.30 pm today and protect our planet

yea, sabtu ini ada satu event global yang menyangkut tentang pentingnya melakukan penghematan energi sejak dini. nama kerennya adalah EARTH HOUR! :3 fyi, aksi kecil untuk perubahan besar ini sudah dilaksanakan sejak tahun 2007, dan Indonesia tercinta mulai ikut berpatisipasi dari 2009 (gap dua 2 tahun, ya gak papa sik *bawel* saya sendiri baru 2 kali ikut earth hour, wkwk).

disamping gara-gara isu perubahan iklim yang sudah bukan lagi isu!, earth hour dilakukan bukan hanya semata-mata untuk ikon kepedulian dunia terhadap nasib bumi. disamping itu banyak pesan tersirat, seperti mengajarkan kita untuk menerapkan gaya hidup ramah lingkungan -hemat listrik, hemat aer, tv jangan ditinggal menyala aje waktu malem sementara kita ketiduran hahaha-, juga digunakan sebagai parameter untuk menghitung perubahan emisi rumah kaca. yang paling penting ya mengurangi secara drastis energi listrik yang digunakan dalam 1 jam ini nanti! bayangkan kalau seluruh dunia ikut berpatisipasi. kita bisa menghemat sampai jutaan megawatt listrik, yang cukup untuk mengistirahatkan ribuan pembangkit listrik. juga bisa mengurangi jutaan ton emisi CO2! dan yang pasti menyelamatkan tempat tinggal kita sendiri: bumi dari ‘kerusakan’ yang lebih parah!

karena earth hour selalu dilakukan pada hari Sabtu, yang jomblo juga ikut seneng mestinya, “malem minggu, enggak pacaran?” , “mati lampu NYET!”  x) #LHO

akhir kata, segera ubah paradigma anda seperti “matiin lampu? buat apa kita mampu bayar listrik?” atau “matiin lampu? orang di rumah guwe udah sering mati lampu” –sumpah, 80% temen sekelas yang gw ajakin ikut earth hour bilang gitu pada awalnya. hahaha- justru tujuan earth hour itu mengajak kita untuk dapat menghemat energi. earth hour itu tidak memaksa kok, mulai dari mana datangnya kesadaran akan penghematan energi kalau bukan dari kita sendiri? 😀

IT’S EARTH HOUR THIS SATURDAY!!!!!!!! YANG IKUT MANA SUARANYAAA?!!!? 

review: Totto-chan dan Tomoe Gakuen

totto-chan

Gw baru selese baca “Totto-chan: The Little Girl at The Window”, dan gw tersadar ‘buset dah, kenapa baru sekarang gw baca buku hebat kaya gini’. Buku ini, diterjemahkan dari bahasa jepang, karangan Tetsuko Kuroyanagi. Yang awalnya gw kira itu cuma pen-name sang penulis (mengingat kalo gw baca manga atau novel jepang laen writer-nya kebanyakan gak pake nama aslinya), dan surprisingly ternyata perkiraan gw meleset. Nama tersebut adalah nama penulis asli buku hebat ini! Dan waktu gw penasaran, browsing lebih lanjut, buka youtube, dan olala… tambah dereslah gw liat video ini.

Ternyata beliau itu pernah menjadi UNICEF Goodwill Ambassador di tahun ’84 selama lebih dari 2 dekade. Selain itu juga menjabat sebagai direktur cabang Jepang dari World Wildlife Fund (itu lho,  yang ada ikonnya panda. Indonesia tercinta juga tergabung dalam WWF ini lho!). Beliau juga diberi penghargaan tinggi oleh pemerintah Jepang sebagai pengakuan dari dua dekade pelayanan untuk anak-anak di dunia. Ckck mulia banget ini hati manusia satu, batin gw dalam hati.

Oke, sekarang bahas bukunya!

Buku ini menceritakan Totto-chan (yang tak lain adalah personifikasi dari si penulis sendiri), gadis kecil yang dikeluarkan dari sebuah sekolah formal di Jepang, padahal dia masih duduk di kelas satu. Gurunya menganggap Totto-chan sudah keterlaluan sehingga harus dikeluarkan. Untung saja mamanya mengerti bagaimana membuat anaknya terhindar dari perasaan tertekan akibat dikeluarkan. Mamanya mengajak Totto-chan untuk pindah ke sekolah baru yang kabarnya lebih bagus, yaitu sekolah “Tomoe Gakuen”. Sekolah yang akan memberi banyak pelajaran berharga pada Totto-chan kelak.

Di awal buku, gw udah disajikan dengan pembuka yang cukup epic. Dan makin membuat gw semangat untuk segera terjun ke dunianya Totto-chan. Wkwkwk.

Selanjutnya gw dibuat iri dengan Tomoe Gakuen ini. Gerbang sekolah yang ternyata berupa 2 buah pohon hidup lengkap dengan akarnya, ruang kelas gerbong, pembebasan memilih tempat duduk, kepala sekolah yang paham dan mengerti bagaimana membuat senang anak-anak, metode pengajarannya, aula dengan tangga berundaknya, ‘sesuatu dari laut dan sesuatu dari pegunungan’, nyanyian wajib sebelum makan (dimana gw sampe nyari lagu ‘row row row your boat’ di youtube. wkwk), dan masih banyak lagi termasuk anjingnya Totto-chan –Rocky, anjing gembala Jerman. Yang ternyata nama lain dari anjing herder.

Selebihnya, gw hanyut dalam buku ini. yang sayang cerita terasa tiba-tiba ‘disudahi’ gara-gara perang pasifik meletus. gara-gara pesawat antek2 amerika yang menjatuhkan bom-bom di Jepang (jadi keinget hotaru no haka :p)

***

Nilai 10/10 gw berikan dalam buku hebat ini. buku yang membuka pikiran gw dengan membayangkan alangkah bakal bahagianya jika pendidikan di Indonesia dibuat sebelas duabelas dengan Tomoe Gakuen (minus gerbongnya! haha!).

Oh ya, gw baca ini sebareng dengan ‘Sekolah Dibubarkan Saja!’nya bang Cudil dan ‘PATRIOT.IS.ME’-nya Pandji Pragiwaksono. Dimana dari 3 buku yang gw baca tadi sama-sama mengulas sepotret tema pendidikan. Dan ini membuat gw merenung lamaaaaaaaaaa apa yang selama ini pendidikan yang gw jabanin itu gimana, apakah udah bener? Apakah udah memberikan gw pelajaran berharga tentang persahabatan, rasa hormat dan menghargai orang lain, serta kebebasan menjadi diri sendiri?

Punya mata, tapi tidak melihat keindahan; punya telinga, tapi tidak mendengar musik; punya pikiran, tapi tidak memahami kebenaran; punya hati, tapi hati itu tak pernah tergerak dan karena itu tidak pernah terbakar. –Sosaku Kobayashi

Tomoe is no longer. But if it lives for a little while in your imagination as you read this book, nothing could give me greater joy. –Tetsuko Kuroyanagi

ilusi optik? i got a mindfuck!

ilusi optik itu seperti suatu ketika kita disuguhi gambar, lalu kita melihatnya, dan mencermatinya kita merasa lho, kok jadi ini?! gimana kok bisa gitu?! yup, optical illusions are fun! so, take look with these optical illusions and have some mindfuck at the end. sebagai awal coba lihat bagian tengah gambar dibawah, dan coba jangan berkedip


terus ini contoh ilusi optik yang laen…

bisa nemuin hidden tigernya? 😛


dua diatas adalah contoh ilusi yang dibuat secara digital modern

yang diatas adalah Darwin’s Postcard. hahaha udah keliatan banget ya :p

kalo yang dibawah ini: konsentrasi dengan dot merah di tengah, dan tunggulah sambil terus konsentrasi…


wkwk masih ada banyak lagi, tanya uncle google atau cari sendiri disini   

review anime movie: Hoshi O Ou Kodomo

Rate 9.0/10

Hoshi O Ou Kodomo ini adalah film Makoto Shinkai yang gw tonton setelah 5cm/s 😀 pas baca review orang di forum-forum, kebanyakan pada mengeluh sama ceritanya yang katanya cenderung flat, biasa aja, malah ada yang bilang gajes lol, yang bikin gw nunda hampir sebulan baru nonton filmnya…

surprisenya, menurut gw ini karya Makoto Shinkai paling bagus yang gw tonton (yayaya, ini subjektif kok :p). walaupun banyak yang bilang artworknya ghibli banget, it doesn’t matter, everybody have their own taste. di hoshi o ou ou kodomo ini didominasi aurora. bahkan di detik-detik terakhir ada scene nebulaenya >.< damn you makoto-sensei! i love it so much!

amazing art as expected from shinkai's work

 

busur bima sakti yang seharusnya tampak jika langit gelap, keliatan disini

ini nama alatnya apa ya? :O

sekarang ngomongin story nya. menurut gw story disini bagus banget. fantasinya kerasa, adventure juga kerasa. bahkan love story-nya masih khas Makoto Shinkai banget 😀 (gak mau nebar spoiler, biar penasaran liat sendiri). yang gw simpulin, bagi mereka yang expecting a little more mature story, it’s not your ‘right’ choice 😀

Shin, Asuna

okay, sekarang katanya film-film makoto shinkai kebanyakan dibalut dengan nuansa kisah cinta sedih yang seringkali membuat terharu. dan ini terjadi! didukung sountracknya yang gak-usah-ditanya-gimana, dari tengah-tengah movie gw mulai sesenggukan (saat mereka akhirnya berhasil ke Agartha), dan sampe akhir gw gak berhenti nangis wkwkwk xD padahal pas nonton byousoku 5 centimeter gak ada aer mata yang keluar sama sekali.

ah~ ini pasti gara-gara efek loli 

ada satu scene yang bikin gw ngakak. yaitu ini xD

 

salah satu yang bikin gak tahan buat gak nangis

yang penting gw puas nonton film ini. banyak pesan tersirat berharga dari makoto shinkai yang gw dapetin. terlepas dari artworknya yang banyak dibanding-bandingkan sama Ghibli sama orang-orang…

bahkan, ada orang yang bikin pic compare-annya

but this is another 2 hours most beautiful movie i have ever seen! ;D