review: Totto-chan dan Tomoe Gakuen

totto-chan

Gw baru selese baca “Totto-chan: The Little Girl at The Window”, dan gw tersadar ‘buset dah, kenapa baru sekarang gw baca buku hebat kaya gini’. Buku ini, diterjemahkan dari bahasa jepang, karangan Tetsuko Kuroyanagi. Yang awalnya gw kira itu cuma pen-name sang penulis (mengingat kalo gw baca manga atau novel jepang laen writer-nya kebanyakan gak pake nama aslinya), dan surprisingly ternyata perkiraan gw meleset. Nama tersebut adalah nama penulis asli buku hebat ini! Dan waktu gw penasaran, browsing lebih lanjut, buka youtube, dan olala… tambah dereslah gw liat video ini.

Ternyata beliau itu pernah menjadi UNICEF Goodwill Ambassador di tahun ’84 selama lebih dari 2 dekade. Selain itu juga menjabat sebagai direktur cabang Jepang dari World Wildlife Fund (itu lho,  yang ada ikonnya panda. Indonesia tercinta juga tergabung dalam WWF ini lho!). Beliau juga diberi penghargaan tinggi oleh pemerintah Jepang sebagai pengakuan dari dua dekade pelayanan untuk anak-anak di dunia. Ckck mulia banget ini hati manusia satu, batin gw dalam hati.

Oke, sekarang bahas bukunya!

Buku ini menceritakan Totto-chan (yang tak lain adalah personifikasi dari si penulis sendiri), gadis kecil yang dikeluarkan dari sebuah sekolah formal di Jepang, padahal dia masih duduk di kelas satu. Gurunya menganggap Totto-chan sudah keterlaluan sehingga harus dikeluarkan. Untung saja mamanya mengerti bagaimana membuat anaknya terhindar dari perasaan tertekan akibat dikeluarkan. Mamanya mengajak Totto-chan untuk pindah ke sekolah baru yang kabarnya lebih bagus, yaitu sekolah “Tomoe Gakuen”. Sekolah yang akan memberi banyak pelajaran berharga pada Totto-chan kelak.

Di awal buku, gw udah disajikan dengan pembuka yang cukup epic. Dan makin membuat gw semangat untuk segera terjun ke dunianya Totto-chan. Wkwkwk.

Selanjutnya gw dibuat iri dengan Tomoe Gakuen ini. Gerbang sekolah yang ternyata berupa 2 buah pohon hidup lengkap dengan akarnya, ruang kelas gerbong, pembebasan memilih tempat duduk, kepala sekolah yang paham dan mengerti bagaimana membuat senang anak-anak, metode pengajarannya, aula dengan tangga berundaknya, ‘sesuatu dari laut dan sesuatu dari pegunungan’, nyanyian wajib sebelum makan (dimana gw sampe nyari lagu ‘row row row your boat’ di youtube. wkwk), dan masih banyak lagi termasuk anjingnya Totto-chan –Rocky, anjing gembala Jerman. Yang ternyata nama lain dari anjing herder.

Selebihnya, gw hanyut dalam buku ini. yang sayang cerita terasa tiba-tiba ‘disudahi’ gara-gara perang pasifik meletus. gara-gara pesawat antek2 amerika yang menjatuhkan bom-bom di Jepang (jadi keinget hotaru no haka :p)

***

Nilai 10/10 gw berikan dalam buku hebat ini. buku yang membuka pikiran gw dengan membayangkan alangkah bakal bahagianya jika pendidikan di Indonesia dibuat sebelas duabelas dengan Tomoe Gakuen (minus gerbongnya! haha!).

Oh ya, gw baca ini sebareng dengan ‘Sekolah Dibubarkan Saja!’nya bang Cudil dan ‘PATRIOT.IS.ME’-nya Pandji Pragiwaksono. Dimana dari 3 buku yang gw baca tadi sama-sama mengulas sepotret tema pendidikan. Dan ini membuat gw merenung lamaaaaaaaaaa apa yang selama ini pendidikan yang gw jabanin itu gimana, apakah udah bener? Apakah udah memberikan gw pelajaran berharga tentang persahabatan, rasa hormat dan menghargai orang lain, serta kebebasan menjadi diri sendiri?

Punya mata, tapi tidak melihat keindahan; punya telinga, tapi tidak mendengar musik; punya pikiran, tapi tidak memahami kebenaran; punya hati, tapi hati itu tak pernah tergerak dan karena itu tidak pernah terbakar. –Sosaku Kobayashi

Tomoe is no longer. But if it lives for a little while in your imagination as you read this book, nothing could give me greater joy. –Tetsuko Kuroyanagi

One comment on “review: Totto-chan dan Tomoe Gakuen

Leave a Reply

